MENUNTUT ILMU ITU WAJIB!

Menyebrang jembatan

"Tholabul 'ilmi faridhotun 'alaa kulli muslimin wal muslimat minal mahdi ilal lahdi"

"MENUNTUT ILMU ITU WAJIB bagi setiap muslim/muslimah sejak dari ayunan hingga liang lahad"

Konsep ilmu bukan utk mengekang sehingga qt gak bisa ngapa2in, tapi mengatur sehingga semua berada pada takarannya. Misalnya saja qt mau membuat kue. Qt gak akan mungkin bisa membuatnya tanpa tau ilmunya (tujuan, tata cara dan aturan). Atau qt main sepakbola, tapi tanpa ada wasit & aturan. Tentu bisa kacau-balau, karena semua akan bermain semaunya.

Begitu juga dengan hidup. Qt harus tau apa tujuan qt hidup di dunia ini. Bagaimana memperoleh tujuan itu. Qt harus berjalan sesuai dengan aturan tertentu untuk mencapai tujuan itu. Gak sembarangan follow the wind, ikut-ikutan, kemana arus membawa.

Trus apa tujuan hidup qt didunia?

Tentunya kebahagiaan dong. Tapi, masih ada tapinya nih bro. Kebahagiaan yg gimana dulu?kebahagiaan dunia? Dunia ini fana bro...qt hanya mampir. Kebahagiaan sebenarnya yg qt cari adalah kebahagiaan di akhirat.

Lho kenapa harus kejar akhirat? Karena di akhirat nanti qt akan hidup kekal selamanya. Tapi, bro...knp lagi nih? dunia yg sementara ini akan menentukan waktu qt yg abadi di akhirat. Perbuatan qt semasa hidup di dunia ini yang menentukan tempat qt nanti diakhirat. Klo masuk surga alhamdulillah, klo diem di neraka? Nah lho, gmn? Nyesel trus mau balik lagi ke dunia? Ga bisa cuy... Apalagi neraka itu menakutkan. Nih hadits nya...

Dari Nu`man Bin Basyir ra: Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda : “Sesungguhnya seringan-ringan siksaan penghuni Neraka pada hari Qiamat ialah seseorang yang diletakkan di bawah dua telapak kakinya dua bara api neraka sehingga mendidih otak yang ada di kepalanya.(dari sebab panasnya kedua bara api neraka tersebut) Dia mengira bahawa tidak ada orang lain yang lebih dashyat siksaan daripadanya, padahal dialah orang yang paling ringan siksaannya”. (HR Bukhari & Muslim).

Ditambah lagi dalam Al-Quran disebutkan 1 hari di akhirat, sama dengan 50.000 tahun di dunia. Nih ayatnya:

"Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun.” [Al Ma’aarij:4]

Bayangin klo qt harus ribuan tahun akhirat berada di neraka, berapa lama dalam hitungan dunia? Naudzubillah...

Trus sob, pertanyaan terbesar nya adalah gmn bisa, qt mencapai tujuan hidup yang hakiki tadi tanpa qt tau ilmunya. Nah lho, bisakah qt memperoleh kebahagiaan yg abadi tanpa ilmu?

Jadi, jangan pernah berkata: "Lebih baik gak usah tau, daripada tau trus jadi gak bisa ngapa2in."

Karena menuntut ilmu bagi muslim adalah wajib, maka melalaikannya adalah dosa.

Komentar kamu