Kesehatan

Tips Mengemil Sehat

Berat badan selalu menjadi hal yang sensitif, terutama bagi kaum hawa. Tapi, mengemil merupakan kegiatan yang paling disukai oleh kaum hawa ini. Padahal dibalik asyiknya mengemil, ancaman kenaikan berat badan selalu mengintai. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebelum memutuskan untuk mengemil. Kita perlu mengenali apakah keinginan mengemil merupakan tuntutan fisik atau psikologis. Kalau rasa lapar muncul karena kita sudah tidak makan selama beberapa waktu yang relatif lama, itu wajar.

Kendalikan Diri Anda Saat Berbuka Puasa

KlikDokter.com - Kendalikan diri anda saat berbuka puasa, berikut tips saat berbuka puasa:

  • Segerakanlah berbuka puasa jika sudah tiba waktunya.
  • Berbuka puasa sebaiknya diawali dengan makanan yang memiliki kadar glukosa alami untuk pemulihan energi di dalam tubuh, seperti kurma dan jus buah. Jus buah yang tidak asam dan tidak berasal dari suhu yang dingin dapat merupakan alternatif minuman berbuka yang sehat karena dapat mengembalikan kadar gula darah ke kadar normal
  • Makanan yang terlalu banyak mengandung gula tambahan seperti kolak, biji salak, es buah, dan sebagainya, kurang baik untuk  dikonsumsi
  • Makanlah secara perlahan-lahan, bertahap, dan kunyahlah dengan sempurna untuk membantu pencernaan tubuh menyesuaikan diri setelah berpuasa seharian
  • Jangan menyantap hidangan berbuka terlalu banyak, istirahatkan perut Anda setelah berbuka dengan menunaikan ibadah shalat terlebih dahulu baru kemudian menyantap hidangan utama
  • Untuk makan malam, konsumsilah makanan yang sehat dengan komposisi seimbang antara karbohidrat kompleks (nasi merah, pasta, roti gandum), protein (ayam, ikan, kacang-kacangan), serat (sayuran), lemak, vitamin, dan mineral
  • Konsumsilah cairan dalam jumlah cukup (1,5-2 L/hari) dari waktu berbuka hingga waktu sahur untuk menghindari kondisi dehidrasi (kekurangan cairan)
  • Jangan jadikan berbuka puasa merupakan ajang balas dendam dengan mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya. Konsumsi berlebihan dan makan makanan dengan kadar lemak tinggi justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kembung, konstipasi (sulit BAB), heart burn, nyeri perut, dan gangguan pencernaan lainnya (TRH)
sumber: http://www.klikdokter.com/healthnewstopics/read/2011/08/01/15031302/kendalikan-diri-anda-saat-berbuka-puasa

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Di kala berbuka dan sahur, hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi karena cepat dicerna sehingga mengakibatkan mudahnya menjadi lapar kembali

Saat sahur, pilihlah makanan yang lama dicerna seperti karbohidrat kompleks dan sayuran agar tidak terlalu lapar. Hindari makanan kaleng, makanan yang mengandung pengawet, tinggi kadar garam, dan tinggi kadar gula (ex: junk food)

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa

Gorengan

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar di kala berpuasa, asupan makanan yang kita konsumsi saat berbuka dan saat sahur haruslah bergizi dan seimbang. Asupan makanan tersebut harus tepat dengan metode memasak yang baik sehingga dapat dikemas menjadi sumber energi sepanjang hari dan menjadikan tubuh tetap fit dan tidak lemas.

Di bawah ini terdapat jenis makanan dan metode memasak yang disarankan di kala sahur dan berbuka dan yang sebaiknya dihindari:

Makanan yang Harus Dihindari

Dampak Negatif Susu Kedelai Yang Tidak Diketahui

Susu Kedelai

Tahukah Anda? Susu kedelai bermanfaat jika produk kedelai telah terfermentasi. Namun ”tidak” bermanfaat jika produk tersebut adalah non-fermentasi.

The Cancer Council of New South Wales, Australia telah memperingatkan penderita kanker untuk menghindari makanan yang berbahan dasar kedelai. Peringatan tersebut dilatarbelakangi oleh karena kedelai non-fermentasi akan mempercepat pertumbuhan kanker.

Gangguan Otak Bayi Akibat Air Minum

Ilustrasi Bayi Sedang Minum Susu

Ahli penanggulangan gawat darurat pada anak, dr. Jennifer Anders, M.D. mengingatkan bahaya water intoxication atau keracunan air pada bayi usia dibawah 6 bulan. Sebagai direktur Pediactric Emergency Medicine di rumah sakit Johns Hopkins Children’s Center yang aktif memberikan informasi kesehatan dan pelayanan berkualitas tinggi dalam mengatasi perawatan anak, menjelaskan bahwa air minum biasa, minuman berelektrolit,  hingga susu formula yang terlalu encer dapat mengganggu aktifitas otak bayi.

Fase Pertumbuhan Gigi Anak

Para ibu seringkali menanyakan ke dokter Spesialis Anak mengenai pertumbuhan gigi anaknya. Terutama jika usia bayinya sudah mendekati satu tahun, namun belum ada satupun gigi yang tumbuh. Apakah ini hal yang normal? Apa yang harus dilakukan? Kapan seharusnya bayi sudah mulai tumbuh gigi? 

Si Kecil Kerap Mengeluarkan Suara Grok-grok. Patutkah Dikhawatirkan?

Bagian dalam tubuh manusia, asal tahu saja, selalu berlendir. Jadi memang sudah dirancang untuk terus memproduksi lendir yang berfungsi membersihkan saluran pernapasan dan menangkal infeksi kuman ataupun virus dari dalam tubuh. Nah, tubuh bayi pun memproduksi lendir. Hanya saja karena refleksnya untuk mengeluarkan lendir belum baik, akibatnya jumlah lender ”menumpuk”. Ini wajar saja selama lendir tersebut tidak sampai mengganggu aktivitas bayi (seperti makan-minumnya tetap baik, tidurnya pun bisa nyenyak), tidak muntah, dan tak ada demam. Kalau begini, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Bau Tangan? Daripada Bau Ketek!

David Beckham dan Bayinya. (Dok. David Beckham)

@ID_AyahASI: Pernah tau sama upacara Tedhak Sinten/Turun Tanah kan? Yang mimin tau ada di Jawa, Aceh dan Bali. Semua dengan ciri khas daerahnya masing2

@ID_AyahASI: Untuk pertama kalinya, dalam usia 7 bulan, bayi dikenalkan sama tanah, menjejakkan kakinya

@ID_AyahASI: Ini sejalan dengan masa buat bayi untuk belajar merangkak dan pada akhirnya akan belajar untuk berjalan..hingga akhirnya ga perlu di gendong lagi

@ID_AyahASI: Terus dimana bayi selama 0-7 bulan berada? Yah digendongan dong,paling turun cuma buat tidur dan mandi :)

Tips-Tips Awal Kehamilan

Selama hamil, memang akan banyak perubahan yang terjadi. Meski demikian, anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kehamilan ini. Menjadi ibu merupakan naluri yang sudah dimiliki setiap wanita. kita cukup mengasah nya dan membekali dengan pengetahuan agar menjadi lebih sempurna. Walaupun perut kalian belum terlihat menggembung, tetapi kehamilan sudah bisa dideteksi sejak awal. tanda-tanda awal kehamilan contoh nya, anda tidak mendapat haid. untuk lebih memastikan anda hamil atau tidak, lakukan test pack atau kunjungilaah bidan atau dokter.

Halaman

Berlangganan Kesehatan