Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa

Gorengan

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar di kala berpuasa, asupan makanan yang kita konsumsi saat berbuka dan saat sahur haruslah bergizi dan seimbang. Asupan makanan tersebut harus tepat dengan metode memasak yang baik sehingga dapat dikemas menjadi sumber energi sepanjang hari dan menjadikan tubuh tetap fit dan tidak lemas.

Di bawah ini terdapat jenis makanan dan metode memasak yang disarankan di kala sahur dan berbuka dan yang sebaiknya dihindari:

Makanan yang Harus Dihindari

  • Makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak dan sangat panas (deep fried food), seperti snak gorengan (pisang goreng, tahu, tempe).
  • Makanan dengan kadar gula tinggi seperti kolak, biji salak, es teler, es buah, coklat, cake dalam jumlah berlebihan.
  • Makanan dengan kadar lemak tinggi seperti kulit ayam, jerohan, santan, daging berlemak.<!--break-->

Alternatif Makanan Sehat

  • Karbohidrat kompleks yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama seperti nasi merah, kentang, roti gandum, roti yang dipanggang, kacang-kacangan. Sayuran yang banyak mengandung serat juga dicerna lebih lama dan menimbulkan perasaan kenyang.
  • Makanan yang dipanggang, ditumis, dikukus, atau direbus lebih baik dibandingkan makanan yang digoreng.
  • Makanan yang mengandung rasa manis alami seperti kurma dan buah-buahan.

Paling tidak itu menurut tim @KaredokNet. Bagaimana menurut para sahabat sekalian? Silakan bagi pengalamannya disini... :D

Sumber: http://www.klikdokter.com/healthnewstopics/read/2011/08/02/15031305/makanan-yang-sebaiknya-dihindari-saat-berpuasa

Komentar kamu