Tips Mengemil Sehat

Berat badan selalu menjadi hal yang sensitif, terutama bagi kaum hawa. Tapi, mengemil merupakan kegiatan yang paling disukai oleh kaum hawa ini. Padahal dibalik asyiknya mengemil, ancaman kenaikan berat badan selalu mengintai. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebelum memutuskan untuk mengemil. Kita perlu mengenali apakah keinginan mengemil merupakan tuntutan fisik atau psikologis. Kalau rasa lapar muncul karena kita sudah tidak makan selama beberapa waktu yang relatif lama, itu wajar. Namun, jika kita tidak lapar lalu ngemil karena stress atau bosan, misalnya, kita mesti memperhatikan cemilan kita. Nah, berikut ada beberapa tips mengemil sehat. Insya Allah, dengan mengikuti tips berikut ini, kita sudah  repot sendiri sehingga lupa untuk mengemil...hehehe

1. Usahakan memiliki catatan makanan
Apakah rasa lapar itu karena merasa bosan atau karena kadar gula darah mulai menurun ? ada baiknya kita memiliki catatan waktu dan tempat ketika kita merasa lapar.

2. Rencanakan cemilan yang kita inginkan
Rencana cemilan dapat membantu memperbaiki atau mengubah kebiasaan makan dengan diet yang sehat seperti makanan ringan rendah kalori, lemak, dan gula sederhana. Yogurt tanpa rasa non fat dengan irisan buah segar atau sup bening diantara jam makan dapat membuat energi meningkat dan mencegah makan terlalu banyak saat makan atau bikin daftar cemilan yang akan dikonsumsi tentunya memperhatikan kandungan makanan tersebut.

3. Cobalah cemilan asam atau berempah, tidak yang manis
Buanglah keinginan untuk mengemil makanan manis dan ganti dengan makan buah-buahan yang asam atau minum segelas air putih. Aneka rempah-rempah seperti kayu manis dan jahe yang dicampur kedalam buah-buahan dapat memberi rasa manis.

4. Bawalah cemilan yang menyehatkan
Beli cemilan yang beraneka ragam karena dengan begitu kandungan yang diterima pun beraneka. Bawa cemilan yang sudah direncanakan kedalam tas, mobil, kantor. Agar tidak tergoda untuk membeli makanan yang lain. Makan beraneka ragam makanan sangat baik karena setiap makanan mempunyai kandungan protein yang berbeda kandungan vitamin dan protein karena setiap makanan mempunyai bermacam-macam kandungan.

5. Kombinasikan protein dengan karbohidrat dan lemak.
Pilihlah kombinasi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Kombinasi berupa potongan apel dengan kacang, kismis, atau sepotong roti kering yang dilapisi dengan keju, dan dimakan bersamaan.

6. Lakukan jalan kaki
Selain menyingkirkan aneka cemilan manis, permen, atau coklat, cobalah melakukan sesuatu untuk menyingkirkan rasa lapar. Lakukan jalan kaki, menelpon teman, menonton, atau membaca buku. Kegiatan ini bisa mengalihkan perhatian dan melupakan keinginan untuk memakan cemilan yang tidak direncanakan.

7. Cobalah minuman hangat atau es teh
Minuman hangat seperti coklat hangat tanpa gula atau kopi dengan susu rendah lemak akan sangat memuaskan rasa lapar. Demikian juga dengan minum air dingin dengan tetesan lemon atau es teh dengan pemanis buatan.



--------------------

Sumber : (e-samarinda.com dengan perubahan)

Komentar kamu