Fase Pertumbuhan Gigi Anak

Para ibu seringkali menanyakan ke dokter Spesialis Anak mengenai pertumbuhan gigi anaknya. Terutama jika usia bayinya sudah mendekati satu tahun, namun belum ada satupun gigi yang tumbuh. Apakah ini hal yang normal? Apa yang harus dilakukan? Kapan seharusnya bayi sudah mulai tumbuh gigi? 

Nah untuk lebih jelasnya kita baca saja ulasan dari ahlinya drg. Martha Mozartha mengenai fase pertumbuhan gigi anak. Rata-rata gigi susu anak tumbuh pertama kali saat anak berusia +/- 6 bulan. Diawali dengan gigi seri bawah yang rata-rata tumbuh sekitar usia 6-10 bulan, sedangkan gigi seri atas tumbuh sekitar usia 8-12 bulan. Meski demikian, kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Tidak sedikit anak yang baru tumbuh gigi pertama saat usianya mencapai 1 tahun, dan saat gigi tersebut keluar boleh jadi lebih dari satu gigi dalam waktu bersamaan. Hal tersebut adalah variasi normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Berikut Diagram Fase Pertumbuhan Gigi Bayi


ket : maksila (rahang atas), mandibula (rahang bawah)

Fase Pertumbuhan Gigi Anak

Meski demikian, memang ada faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan gigi anak. Proses pembentukan gigi sudah dimulai saat anak masih dalam kandungan ibu, kira-kira saat janin berusia 4 bulan. Kemungkinan gigi susu tumbuh lebih lambat dari yang semestinya lebih besar pada anak yang lahir prematur atau berat badan bayi lahir kurang, karena proses pertumbuhan dan perkembangannya secara umum belum sempurna termasuk juga giginya.

Namun jika gigi susu terlambat tumbuh padahal anak lahir cukup bulan, maka tentu ada faktor lain diantaranya pola makan anak. Jika selama ini bayi hanya diberi makanan yang lunak saja maka sebaiknya anak mulai dikenalkan dengan makanan yang bertekstur dan agak kasar. Tentunya cara memasak dan jenis makanan disesuaikan dengan usia bayi. Perlu diketahui, makanan yang lunak kurang memberi rangsangan bagi pertumbuhan gigi dan rahang anak. Justru dengan diberi makanan yang agak sedikit lebih keras, otot-otot pengunyahan, gigi dan tulang rahang akan bekerja lebih keras dan memberi stimulasi bagi pertumbuhan gigi dan tulang. Pertumbuhan gigi juga dapat dirangsang dengan memberi anak mainan yang dapat digigit-gigit. Fungsinya sama, yaitu untuk memberi stimulasi bagi gigi dan tulang. Namun jangan lupa memperhatikan kebersihan mainan tersebut mengingat mainan itu akan masuk ke mulut anak, dan pilih mainan yang aman dan bebas zat beracun.

Faktor lainnya bisa karena gusi anak lebih tebal dari normal atau hal lain yang lebih kompleks seperti kekurangan nutrisi atau kelainan genetik meski hal tersebut biasanya bergandengan dengan gejala lainnya. Jika usia anak sudah lebih dari 1 tahun dan giginya belum tumbuh juga, ada baiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter gigi spesialis gigi anak (drg Sp.KGA) untuk mencari penyebabnya dan bagaimana mengatasinya.

Dan bagaimana dengan jajanan permen, es krim serta coklat untuk anak anak?

Menurut drg Monika Indriana, hal itu boleh saja dikonsumsi akan tetapi harus minum air putih sesudahnya dan menggosok gigi. Dasar dari memberi izin kepada mereka untuk mengkonsumsi makanan-makanan itu adalah karena anak tidak perlu melewatkan nikmatnya makan coklat dan permen..lets give them the fun of eating chocolate and candies..yang menjadi tugas para orang tuanya adalah memperhatikan kapan mereka boleh mengkonsumsinya (jangan mengganggu jadwal makan dan jangan dalam keadaan sakit) dan yang perlu diterapkan disini adalah kedisplinan, asal tidak berlebihan dan selalu minum air putih setelah mengkonsumsinya dan rajin menggosok gigi ketika mandi pagi dan sore dijamin gigi geligi anak2 kita tetap terjaga dengan baik.. Dan hal yang perlu dilakukan apabila si kecil sudah tumbuh gigi susu adalah rajin kontrol ke dokter gigi walapun tidak ada keluhan sakit gigi karena sangat penting sekali untuk memperkenalkan kepada si kecil,tujuannya adalah untuk menimbulkan rasa ‘fun’ dan tidak takut apabila pergi ke dokter gigi.

Ada juga anggapan dari sebagian masyarakat bahwa kalau gigi susu rusak/ “grepes” (gigi berwarna hitam) tidak jadi masalah, nanti juga ganti giginya. Itu adalah anggapan yang salah, sedini mungkin kita harus menjaga gigi geligi anak dari awal pertumbuhan sampai nanti berganti menjadi gigi tetap dan seterusnya. Karena penting sekali bagi kita untuk menjaga kesehatan gigi anak-anak kita untuk menghindari gigi tanggal sebelum waktunya, karena bisa menyebabkan gigi tetap yang nanti menggantikan, tumbuh bukan pada tempatnya (berantakan). Dan juga menghindari anak-anak mengalami sakit gigi, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Sumber :
http://www.klikdokter.com
http://www.klinikdrtiwi.com

Komentar kamu