CentOS

LAMP Server (Linux Apache, MySQL, PHP) CentOS 7

LAMP on CentOS
LAMP adalah istilah yang merupakan singkatan dari Linux, Apache HTTP Server, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. LAMP merupakan paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap. Secara prinsip dan umumnya sebagai webserver.
Kombinasi yang pasti dari perangkat lunak yang disertakan dalam paket LAMP dapat bervariasi, terutama berkenaan dengan perangkat lunak scripting web, seperti PHP dapat diganti atau dilengkapi dengan Perl dan / atau Phyton. Istilah serupa dengan dasar perangkat lunak yang sama (AMP) berjalan pada sistem operasi lainnya, seperti Microsoft Windows (WAMP), Mac OS (MAMP), Solaris (SAMP), iSeries (iAMP), atau OpenBSD (OAMP).
Komponen-komponen dari LAMP diantaranya:
  • Linux sebagai sistem operasi
  • Apache HTTP Server sebagai web server
  • MySQL sebagai sistem basis data
  • Perl atau PHP atau Pyton sebagai bahasa pemrograman yang dipakai

Pada tulisan ini kita akan mempelajari bagaimana me-konfigurasi sebuah Linux, Apache, MySQL, and PHP (LAMP).

Konfigurasi Fail Over Server dengan Heartbeat pada CentOS 6.5

Logo CentOS 6

Sebelumnya kita sudah pernah melakukan simulasi Konfigurasi Heartbeat pada Centos 5.6 yang mana bisa menjadi sebuah dasar dari sebuah sistem High Availability Cluster. Sekarang kita akan melakukan simulasi menggunakan Linux CentOS versi 6.5. Dalam simulasi ini pun kita belum mengkombinasikan dengan drbd atau lainnya. Hal dimaksudkan untuk memudahkan memahami heartbeat itu sendiri. 

Persiapan
Dalam tulisan ini terdapat beberapa istilah yang digunakan, berikut beberapa istilah yang dipakai:

Node : Komputer Fisik / Virtual 
node1 : komputer 1 
node2 : komputer 2 

Perhatikan tulisan [@node1] atau [@node2] yang menunjukkan perintah dijalankan di node yang mana.

Seting Aktif-aktif Samba CTDB Cluster dengan GFS & DRBD di CentOS 5.5

Experimental -- Menggunakan dua node (PC), kedua-duanya aktif, dan koneksi sebagai loadbalanced. Untuk replikasi data menggunakan DRBD. ClusterFS digunakan untuk memungkinkan DRBD menulis data pada saat yang bersamaan. Setting dilakukan di CentOS 5.6 (64 bit), yang bisa saja diaplikasikan pada Fedora & Red Hat.

Berlangganan CentOS