Ubuntu

Perbedaan apt-get upgrade & apt-get dist-upgrade

Masih banyak yang suka bertanya perbedaan antara apt-get upgrade &  apt-get dist-upgrade. Berikut saya share perbedaan antara keduanya menurut manual apt-get yang disertakan pada distro linux:

apt-get upgrade

upgrade is used to install the newest versions of all packages currently installed on the system from the sources enumerated in /etc/apt/sources.list. Packages currently installed with new versions available are retrieved and upgraded; under no circumstances are currently installed packages removed, or packages not already installed retrieved and installed. New versions of currently installed packages that cannot be upgraded without changing the install status of another package will be left at their current version. An update must be performed first so that apt-get knows that new versions of packages are available.

Setting Proxy Authentication wget & apt-get Menggunakan Terminal pada Ubuntu

Pada beberapa tempat, memiliki aturan yang ketat masalah penggunaan akses internet. Seringkali kita memerlukan update paket sementara jaringan yang sedang terhubung dengan laptop/pc kita berada dibelakang sebuah proxy yang memerlukan autentikasi. Sehingga ketika kita mencoba menjalankan perintah apt-get update kita akan mendapatkan pesan berikut:

High Availability Linux LAMP (Ubuntu Server 12.04) - Bagian 3

Berikutnya kita lakukan konfigurasi heartbeat yang kaan mengatur failover sistem, alamat IP virtual, Apache, dan MySQL jika terjadi gagal booting salah satu sistem.

ada node1, tentukan cluster yang disertakan dalam file /etc/heartbeat/ha.cf. Contoh /etc/heartbeat/ha.cf:

Logfacility local0
keepalive 2
deadtime 30
warntime 10
initdead 120
bcast eth0
bcast eth0
node node1
node node2

Catatan: nilai yang dimuat pada bagian node didapat dengan mengetikkan perintah uname -n .

Pada node1, tentukan mekanisme autentikasi yang akan digunakan oleh cluster dalam file /etc/heartbeat/authkeys. Contoh /etc/heartbeat/authkeys:

auth3
3 md5 password


Ubah hak akses dari file /etc/heartbeat/authkeys.

High Availability Linux LAMP (Ubuntu Server 12.04) - Bagian 2

Langkah selanjutnya kita akan install paket yang mendukung rangkaian LAMP. Tujuan akhir kita adalah memiliki service heartbeat yang mengatur service dari paket rangkaian LAMP dan mencegah rangkaian LAMP ini dari aturan normal yang diatur dalam init. Kita kemudian akan menempatkan konfigurasi LAMP dan file data pada perangkat DRBD sehingga kedua server akan memiliki informasi yang sama saat salah satu dari server yang kita miliki menjadi primer dari perangkat DRBD. Install paket LAMP pada node1 dan node2.

[node1]tasksel install lamp-server
[node2]tasksel install lamp-server

Catatan: Selama proses instalasi kita akan mendapatkan notifikasi untuk membuat password root MySQL. Tes apakah instalasi berhasil dengan membuka jendela browser ( Firefox / Chrome / IE ) dan arahkan ke alamat IP salah satu server. Stop Sementara semua service LAMP.

High Availability Linux LAMP (Ubuntu Server 12.04) - Bagian 1

Pada tulisan ini kita akan mempelajari bagaimana me-konfigurasi sebuah server High availability dengan Linux, Apache, MySQL, and PHP (LAMP). Sehingga ketika ada server yang menjadi tidak aktif, service AMP akan diberikan oleh cluster yang kita miliki sehingga service AMP akan tetap tersedia. Sebelum memulai, ada baiknya membaca bagaimana konfigurasi/instalasi sebuah LAMP Server pada beberapa link berikut:

http://www.howtoforge.com/ubuntu_lamp_for_newbies
https://help.ubuntu.com/community/ApacheMySQLPHP

 

Persiapan konfigurasi

Konfigurasi sistem high availability yang akan kita bangun secara umum akan tersusun sebagai berikut:

Instalasi Ubuntu 12.04 Precise Server Bagian 4

  1. Instalasi sistem dimulai.

     
  2. Sistem akan menanyakan apakah terdapat proxy dalam jaringan, jika tidak ada bisa langsung kita tekan enter.

     
  3. Jika komputer terkoneksi dengan internet, sistem akan melakukan update langsung dari repositori yang ada di internet.

     
  4. Selanjutnya sistem akan menanyakan apakah akan dilakukan update secara otomatis jika terdapat update terbaru di repositori? Saya memilih tidak ada otomatis update.

Instalasi Ubuntu 12.04 Precise Server Bagian 3

  1. Notifikasi berikut akan muncul jika kita menggunakan password yang dikatergorikan lemah oleh sistem. Untuk password yang dapat dikategorikan kuat lakukan kombinasi antara huruf, angka, dan simbol.

     
  2. Berikutnya sistem akan menanyakan apakah direktori home kita ingin di enkripsi. Saya pribadi melilih no. Hal ini untuk memudahkan saya melakukan backup jika suatu saat ingin pindahkan file atau jika terjadi kegagalan sistem.

     
  3. Selanjutnya jika terdapat koneksi ke internet, sistem akan melakukan sinkronisasi waktu (tanggal dan jam) dengan waktu dunia.

     

Instalasi Ubuntu 12.04 Precise Server Bagian 2

  1. Selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi jaringan secara manual. Pilih configure network manually.

     
  2. Masukkan alamat IP yang akan kita gunakan. dalam contoh ini saya menggunakan 192.168.206.240

     
  3. Masukkan netmask jaringan. Ini akan berpengaruh terhadap berapa komputer yang akan berada di jaringan kita. Umumnya berjumlah 254 PC, untuk itu kita masukkan 255.255.255.0

Instalasi Ubuntu 12.04 Precise Server

Logo Ubuntu

Tulisan ini menunjukkan bagaimana mempersiapkan Ubuntu 12.04 LTS (Precise Pangolin) server sebagai dasar dari berbagai macam service (layanan) yang akan dibuat. Misalnya LAMP (Linux Apache Mysql PHP), Gateway & Proxy Server, dan lain-lain. Tulisan ini pun hanya menjabarkan instalasi dasar yang kemudian bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam kebutuhan lain yang telah disebutkan diatas.

Pada beberapa pilihan mungkin akan bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang akan digunakan. Misalnya pilihan zona waktu, pengaturan partisi, dan sebagainya.

Sebagai catatan, tulisan ini hanya sebagai panduan dasar, sehingga keberhasilan akan berbeda antar masing-masing orang.

Untuk memulai instalasi, yang harus kita persiapkan adalah:

SysAdmin Linux Ubuntu

Ubuntu

Akhirnya baru bisa install Ubuntu Server 12.04 walau di bulan Juli. *ROFL* Yup, dua digit terakhir di rilis ubuntu memang menunjukkan bulan distro tersebut mengeluarkan versi terbaru. Ubuntu 12.04 ini artinya sudah ada sejak bulan April. Yang membedakan dari Ubuntu versi ini adalah yang sifatnya LTS (Long-Term Support). Artinya update Ubuntu rilis 12.04 ini akan mendapat support selama 5 tahun tidak seperti rilis Ubuntu yang biasa yang hanya 1 tahun. Saya pun menuju ke TKP di ubuntu.com dan memilih Ubuntu Server. Maklum, untuk desktop saya lebih menggunakan Fedora yang menurut saya lebih ringan.. Itu menurut saya.... Hehehe.... *biggrin*

Okelah, kita mulai menuju ke TKP... Saya ambil file ISO dari sini: http://www.ubuntu.com/download

Berlangganan Ubuntu