Modul/Buku

Proses Inokulasi Bakteri Acetobacter Xylinum Untuk Pembuatan Nata

Gambar Acetobacter Xylinum

Nata adalah sejenis makanan penyegar atau pencuci mulut (food desert) yang lama populer di Filipina. Dilihat berdasarkan susunan kimianya nata adalah Bacterial cellulose. Pembuatan nata de coco, nata de pina, atau nata de soya memerlukan suatu sumber inokulum dari mikroba pembentuknya. Mikroba pembentuk nata dapat diisolasi dari alam melalui buah-buahan yang banyak mengandung gula seperti halnya nanas.

Identifikasi Kepercayaan Masyarakat tentang Tabu Makanan

Masalah gizi sangat erat kaitannya dengan asupan makanan. Penentuan jenis makanan juga terkait dengan nilai budaya atau berdasarkan kepercayaan yang hidup secara turun-temurun di masyarakat. Sering ditemukan nilai-nilai budaya ini menghambat anggota masyarakat untuk mendapatkan makanan yang mengandung nilai gizi yang tinggi bagi kebutuhan tubuh.

Buku #CatatanAyahASI

Selama ini, kegiatan menyusui dianggap sebagai melulu urusan antara bayi dan ibu. Kami, 8 ayah muda: Aditia Sudarto, Dipa Andika Nurprasetyo, Ernest Prakasa, Pandu Gunawan, A. Rahmat Hidayat, Shafiq Pontoh, Sogi Indra Dhuaja, dan Syarief Hidayatullah berusaha memberi sudut pandang lain tentang peran ayah dalam urusan menyusui ini. Selama proses pemberian ASI untuk buah hati kami, kami tersadarkan bahwa ayah dapat dan sangat bisa berperan bagi keberhasilan dalam proses tersebut.

PERMEN DIKNAS NO. 23 TAHUN 2006

PERATURAN

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

REPUBLIK INDONESIA

NOMOR   23  TAHUN 2006

TENTANG

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

UNTUK  SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,

Menimbang :

bahwa dalam rangka pelaksanaan ketentuan Pasal 27 ayat (1)   Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk  Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;

FOTOSINTESIS

Fotosintesis

Fotosintesis yaitu proses perubahan senyawa anorganik menjadi senyawa organic dengan bantuan klorofil dan sinar matahari.

Terjadi pada daun yang banyak mengandung klorofil di organel kloropplas dibagian tilakoid  yang  terdiri dari grana dan stroma.

Reaksi fotosintesis :

                                                    ☼

6CO2                 +          12H2O ------------→    C6H12O6     +   6H2O   +          6O2

                                                  klorofil

Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pertumbuhan adalah :

  • Peristiwa perubahan biologi yang terjadi pada makhluk hidup yang berupa pertambahan ukuran (volume, massa, dan tinggi)
  • Irreversibel (tidak kembali ke asal)
  • dapat diukur serta dinyatakan secara kuantitatif.
  • Auksanometer adalah Suatu alat untuk mengukur pertumbuhan memanjang suatu tanaman, yang terdiri atas sistem kontrol yang dilengkapi jarum penunjuk pada busur skala atau jarum yang dapat menggaris pada silinder pemutar.
     

Perkembangan adalah:

Berlangganan Modul/Buku