Internet

Menjalankan Laravel 5 + XAMPP di Windows

Laravel Logo

Sudah kenal dengan Laravel? Ya, salah satu framework PHP untuk web artisan selain CodeIgniter, Zend Framework, dsb. Laravel juga menggunakan konsep model–view–controller (MVC), dengan lisensi MIT. Untuk lebih jelasnya silakan baca di wikipedia: Laravel.

Akhir-akhir ini saya sedang pedekate dengan laravel. Kabarnya laravel salah satu framework yang mengusung konsep clean code, jadi saya coba untuk pakai framework ini.

Sebelum menggunakan laravel, kita perlu instalasi menggunakan composer. Apa itu composer? Composer adalah sebuah ‘dependency manager’ untuk PHP. Kita bisa menginstall sebuah library melalui composer dan composer akan secara otomatis menginstall library lain yang dibutuhkan, tanpa perlu mendownload satu persatu. Mirip dengan apt-get install atau yum install di sistem operasi linux.

Oke, kita langsung saja. Ini adalah requirement yang dibutuhkan oleh Laravel:

  • PHP >= 5.6.4
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension

Status Pengiriman (Shipment Status) di JNE.co.id

Status JNE

Akhir-akhir ini saya sering menggunakan jasa JNE untuk pengiriman barang. Hal ini tidak lain karena memang Karedok Network sudah mulai membuka Toko Online dengan merk Hanisya Collection. Nah, pada saat barang sedang dalam pengiriman, saya biasanya per hari akan melaporkan status barang kepada customer. Saat melakukan pengecekan di situs jne maka kita akan melihat bagian shipment status yang mengindikasikan status pengiriman.

Berlangganan Internet