Konten Populer

Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pertumbuhan adalah :

  • Peristiwa perubahan biologi yang terjadi pada makhluk hidup yang berupa pertambahan ukuran (volume, massa, dan tinggi)
  • Irreversibel (tidak kembali ke asal)
  • dapat diukur serta dinyatakan secara kuantitatif.
  • Auksanometer adalah Suatu alat untuk mengukur pertumbuhan memanjang suatu tanaman, yang terdiri atas sistem kontrol yang dilengkapi jarum penunjuk pada busur skala atau jarum yang dapat menggaris pada silinder pemutar.
     

Perkembangan adalah:

Status Pengiriman (Shipment Status) di JNE.co.id

Status JNE

Akhir-akhir ini saya sering menggunakan jasa JNE untuk pengiriman barang. Hal ini tidak lain karena memang Karedok Network sudah mulai membuka Toko Online dengan merk Hanisya Collection. Nah, pada saat barang sedang dalam pengiriman, saya biasanya per hari akan melaporkan status barang kepada customer. Saat melakukan pengecekan di situs jne maka kita akan melihat bagian shipment status yang mengindikasikan status pengiriman.

Mengenal Archaebacteria dan Eubacteria

Ilustrasi Bakteri

Bakteri merupakan organisme yang paling banyak jumlahnya dan lebih tersebar luas (kosmopolitan) dibandingkan mahluk hidup yang lain . Bakteri memiliki ratusan ribu spesies yang hidup di darat hingga lautan dan pada tempat-tempat yang ekstrim. Bakteri ada yang menguntungkan tetapi ada pula yang merugikan. Bakteri merupakan anggota kingdom monera. Adapun dalam system klasifikasi enam kingdom, monera dibedakan lagi menjadi Archaebacteria dan Eubacteria.

Ciri-ciri umum Archaebacteria dan Eubacteria adalah :

  1. Tidak mempunyai membran inti (karioteka) sehingga inti selnya dinamakan prokariotik.
  2. Uniseluler
  3. Mikroskopis
  4. Ada yang soliter dan sebagian berkoloni membentuk rantai, filamen, atau koloni lainnya
  5. Mampu memperbanyak diri dengan cepat
  6. Kosmopolitan, mampu hidup disemua lingkungan yang ada di muka bumi.

Proses Inokulasi Bakteri Acetobacter Xylinum Untuk Pembuatan Nata

Gambar Acetobacter Xylinum

Nata adalah sejenis makanan penyegar atau pencuci mulut (food desert) yang lama populer di Filipina. Dilihat berdasarkan susunan kimianya nata adalah Bacterial cellulose. Pembuatan nata de coco, nata de pina, atau nata de soya memerlukan suatu sumber inokulum dari mikroba pembentuknya. Mikroba pembentuk nata dapat diisolasi dari alam melalui buah-buahan yang banyak mengandung gula seperti halnya nanas.

FOTOSINTESIS

Fotosintesis

Fotosintesis yaitu proses perubahan senyawa anorganik menjadi senyawa organic dengan bantuan klorofil dan sinar matahari.

Terjadi pada daun yang banyak mengandung klorofil di organel kloropplas dibagian tilakoid  yang  terdiri dari grana dan stroma.

Reaksi fotosintesis :

                                                    ☼

6CO2                 +          12H2O ------------→    C6H12O6     +   6H2O   +          6O2

                                                  klorofil

Menjalankan Laravel 5 + XAMPP di Windows

Laravel Logo

Sudah kenal dengan Laravel? Ya, salah satu framework PHP untuk web artisan selain CodeIgniter, Zend Framework, dsb. Laravel juga menggunakan konsep model–view–controller (MVC), dengan lisensi MIT. Untuk lebih jelasnya silakan baca di wikipedia: Laravel.

Akhir-akhir ini saya sedang pedekate dengan laravel. Kabarnya laravel salah satu framework yang mengusung konsep clean code, jadi saya coba untuk pakai framework ini.

Sebelum menggunakan laravel, kita perlu instalasi menggunakan composer. Apa itu composer? Composer adalah sebuah ‘dependency manager’ untuk PHP. Kita bisa menginstall sebuah library melalui composer dan composer akan secara otomatis menginstall library lain yang dibutuhkan, tanpa perlu mendownload satu persatu. Mirip dengan apt-get install atau yum install di sistem operasi linux.

Oke, kita langsung saja. Ini adalah requirement yang dibutuhkan oleh Laravel:

  • PHP >= 5.6.4
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension

Konfigurasi Fail Over Server dengan Heartbeat pada CentOS 6.5

Logo CentOS 6

Sebelumnya kita sudah pernah melakukan simulasi Konfigurasi Heartbeat pada Centos 5.6 yang mana bisa menjadi sebuah dasar dari sebuah sistem High Availability Cluster. Sekarang kita akan melakukan simulasi menggunakan Linux CentOS versi 6.5. Dalam simulasi ini pun kita belum mengkombinasikan dengan drbd atau lainnya. Hal dimaksudkan untuk memudahkan memahami heartbeat itu sendiri. 

Persiapan
Dalam tulisan ini terdapat beberapa istilah yang digunakan, berikut beberapa istilah yang dipakai:

Node : Komputer Fisik / Virtual 
node1 : komputer 1 
node2 : komputer 2 

Perhatikan tulisan [@node1] atau [@node2] yang menunjukkan perintah dijalankan di node yang mana.

Halaman