Menjalankan perintah make:auth di Laravel 6

0
24
Logo Laravel 6

Laravel 6 hadir dengan banyak perubahan dan penambahan beberapa fitur baru, termasuk halaman error baru yang menggunakan Ignition, dan beberapa peningkatan performa di response dan eloquent. Termasuk dalam hal bagaimana men-generate autentikasi yang mengalami perombakan masif.

Bagi yg sudah menggunakan Laravel 6 dan ingin membuat autentikasi pasti menyadari kalau perintahmake:auth sudah tidak ada lagi. Ya, pengembang Laravel memutuskan untuk menghapus perintah tersebut dan merubah cara menginstall autentikasi. Di artikel ini kita akan sedikit menjelaskan bagaimana membuat autentikasi di Laravel 6.

Sebenarnya Laravel memiliki halaman dokumentasi yang cukup lengkap, tapi kalau malas membaca penjelasan yang panjang, mari kita mulai.

Laravel UI

Laravel UI adalah paket yang dikembangkan langsung oleh tim Laravel. Paket ini memisahkan bagian UI dari proyek Laravel menjadi paket laravel/ui tersendiri. Paket terpisah memungkinkan tim Laravel untuk beralih pada paket UI secara terpisah dari basis kode Laravel utama.

Untuk menginstall laravel/ui kita bisa mendownload melalui composer, dengan perintah:

composer require laravel/ui

Begitu laravel/ui terpasang, kita masih harus menjalankan beberapa perintah lagi untuk membangun antarmuka & kode otorisasi. Laravel/ui menyediakan beberapa pilihan UI diantaranta Vue, React, atau Bootstrap, paket UI. Contohnya antara lain:

php artisan ui vue
php artisan ui react

Perintah ui:auth

Selain perintah baru ui, paket laravel/ui juga hadir dengan perintah untuk mengenerate autentikasi yaitu:

php artisan ui:auth

Dengan menjalankan perintah ini, kita akan dibuatkan route untuk autentikasi, sebuah  HomeController, auth views, dan sebuah file layout app.blade.php.

Atau kalau hanya ingin membuat view nya saja, bisa menambahkan suffix --views

php artisan ui:auth --views

Berbeda dengan versi sebelumnya, pada versi kali ini kita akan mendapatkan konfirmasi akan menimpa beberapa file seandainya kita lupa sudah pernah menjalankan perintah yg sama.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, bisa membaca lengkapnya di halaman resmi Laravel: Authentication Documentation.

Mari diskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.