Google Doodle untuk Albert Szent-Györgyi

0
82

Albert Szent-Györgyi de Nagyrápolt (lahir di Budapest, Austria-Hongaria, 16 September 1893 – meninggal di Woods Hole, Massachusetts, Amerika Serikat, 22 Oktober 1986 pada umur 93 tahun), seorang biokimiawan Amerika kelahiran Hongaria, adalah tokoh pertama yang mengisolasi vitamin C, dan penelitiannya pada oksidasi biologi menjadi dasar siklus asam sitrat Krebs.

Penemuannya pada sifat biokimia kontraksi otot merevolusionerkan bidang penelitian otot. Karier terakhirnya dicurahkan untuk penelitian dalam biologi “submolekuler”, menerapkan fisika kuantum pada proses biologis. Ia khususnya tertarik dalam kanker, dan merupakan tokoh pertama yang menjelajah hubungan antara radikal bebas dan kanker.

Szent-Györgyi memenangkan Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 1937 untuk karyanya pada oksidasi biologis dan vitamin C, dan Albert Lasker Award for Basic Medical Research pada 1954, untuk sumbangan pada pemahaman penyakit kardiovaskular melalui penelitian otot dasar.

Artikel sebelumnya Senandung Lir-Ilir
Artikel BerikutnyaBerkenalan dengan LVM
Ayah dari satu orang putra dan dua orang putri, seorang biasa-biasa saja yang menyukai Ikan Hias, dan Teknologi. Lahir di Jakarta, besar di Tangerang, dan menuntaskan pendidikan di Bandarlampung. Saat ini sedang belajar mengembangkan perusahaan end-to-end technology enabler.

Mari diskusi

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.