Website WordPress dengan VPS Seharga Shared Hosting

0
79
VPS & Wordpress

VPS merupakan kependekan dari Virtual Private Server. Merupakan sebuah layanan dari penyedia web hosting dimana pengguna sepenuhnya bertanggung jawab terhadap pengelolaan server tersebut.

WordPress merupakan salah satu framework content management system (CMS) yang sangat populer. Menurut perusahaan survei teknologi web W3Techs, 30 persen website yang ada menggunakan wordpress.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana membangun sebuah website berbasis wordpress dengan Virtual Private Server seharga shared hosting.

Ini sebenarnya catatan ngoprek saya, karena beberapa kali saya diminta membantu membangun website wordpress untuk berbagai keperluan. Nah, daripada nanti hilang, lebih baik simpan tulisan disini dan bisa dilihat kembali nanti.

Register

Sesuai judul diatas, kita akan menggunakan VPS sebagai hosting website. Nah, saya menemukan ada satu provider penyedia VPS dengan harga yang terjangkau, nama providernya adalah Vultr. Langkah yang harus kita lakukan adalah melakukan registrasi di website tersebut.

Vultr Register

Deploy Server Baru

Setelah berhasil register dan login, langsung saja kita deploy server baru. Kita akan diberi beberapa langkah & pilihan di tiap langkahnya. Yang pertama kita diminta menentukan lokasi data center milik mereka. Pilih yang paling dekat dengan Indonesia, yaitu Singapore.

Berikutnya kita pilih tab Application. Ada banyak pilihan, kita akan pilih WordPress.

Nah, berikutnya adalah penentuan harga dan kapasitas server. Mengikuti judul, maka kita pilih yang pertama, yaitu $5/bulan atau sekitar 70 ribuan per bulan.

Langkah selanjutnya tentukan hostname, lalu klik tombol deploy. Tunggu beberapa saat sistem akan menyiapkan server vps kita. Kalau sudah selesai dan di klik, maka akan ada informasi server kita seperti berikut:

Disitu terdapat informasi alamat IP server, username+password untuk login ke wordpress.

Kalau sudah sampai sini, yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah pointing domain kita ke server yang baru dibuat, lalu rubah pengaturan di wordpress untuk menyesuaikan dengan domain yang kita miliki.

Untuk merubahnya, kita harus login ke admin WordPress, Setting, General. Isikan domain kita pada bagian WordPress address dan site address.

Selesai.

Kenapa Vultr?

Sebenarnya ada beberapa provider VPS yang juga terjangkau harganya. Namun yang sudah saya gunakan dalam jangka waktu lama ya Vultr ini dan hasilnya sangat memuaskan.

Note, beberapa link di artikel mengandung affilate link. Yang artinya ketika Anda mendaftar di vultr dg menggunakan link tersebut, kami memperoleh komisi. Terima kasih sudah mendukung kami.

Mari diskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.