Metabolisme 1 (Pendahuluan)

0
169

Hidup itu kerja. Kerja membutuhkan bahan bakar berupa energi. Bagaimana tubuh kita bisa bekerja? Pertanyaan ini bisa dijelaskan secara ilmiah melalui pembahasan metabolisme. Ulasan materi berikut ini akan membuka mata dan pikiran kita tentang rumitnya kerja yang terjadi dalam tubuh kita. Kerja tanpa pernah terhenti, kecuali saat jasad terpisah dari ruh nya. Sepatutnya kita meningkatkan rasa syukur yang tiada pernah terhenti juga atas semua rahmat Sang Maha Kuasa.

Kerja tubuh sangat tergantung dari kerja sel. Sel harus bekerja untuk mempertahankan strukturnya yang rumit dan tidak stabil. Untuk melakukan tugasnya yang banyak, sel membutuhkan masukan energi dari sumber luar. Energi memasuki ekosistem dalam bentuk cahaya matahari, sumber energi bagi tumbuhan dan organisme fotosintetik lainnya. Hewan dan manusia memperoleh energi dengan memakan tumbuhan dan atau memakan organisme lain yang memakan tumbuhan. Pembahasan metabolisme ini akan menceritakan bagaimana sel memanen energi kimiawi yang tersimpan dalam molekul organik dan menggunakannya untuk meregenerasi ATP (energi yang menggerakkan sebagian besar kerja seluler).

senyawa organik menyimpan energi dalam susunan atomnya. Dengan bantuan enzim, sel secara sistematik merombak molekul organik kompleks yang kaya akan energi potensial menjadi produk limbah yang berenergi lebih rendah. sebagian energi yang diambil dari simpanan kimiawi dapat digunakan untuk melakukan kerja; sisanya dilepas sebagai panas. Jalur metabolisme dengan cara memecah molekul kompleks di sebut jalur Katabolisme. Katabolisme ada dua macam, yang paling umum dan efisien adalah respirasi seluler. yang kedua adalah fermentasi, jalur katabolik yang terjadi tanpa bantuan oksigen.

Senyawa Organik + Oksigen ————-> Karbon dioksida + air + energi

Mari diskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.