SISTEM ENDOKRIN (SISTEM HORMON)

0
92

Selain sistem saraf, terdapat sistem kelenjar di dalam tubuh yang ikut menentukan keseimbangan dan regulasi, yaitu sistem endokrin atau sistem hormon. Sistem endokrin merupakan sistem internal komunikasi kimiawi yang melibatkan hormon dan molekul reseptornya. Sistem ini dikontrol oleh bagian otak yaitu hipotalamus, dengan cara menerima informasi dari otak dan mengintegrasikan ke dalam sistem endokrin sesuai dengan kondisi lingkungan. Hormon adalah substansi kimia yang diproduksi oleh sel di dalam kelenjar endokrin dan dibawa oleh sistem peredaran darah menuju organ/jaringan lain dalam tubuh dimana substansi tersebut menjalankan fungsinya.

Hormon merupakan suatu zat kimia yang diproduksi oleh tubuh, dalam konsentrasi kecil yang dapat menimbulkan efek fisiologis pada organ target. Hormon dihasilkan oleh kelenjar endokrin tubuh dan akan ditransportasikan dalam aliran darah. Selain kelenjar endokrin, terdapat juga kelenjar eksokrin yang menyekresikan zat kimia. Perbedaannya terletak pada tempat kerja cairan kimia yang dihasilkannya. Kelenjar eksokrin disekresikan ke luar tubuh, seperti keringat dan enzim di mulut.

Tidak seperti sistem syaraf, pengaruh hormon berjalan lambat. Selain dihasilkan dari kelenjar endokrin, hormon ada pula yang dihasilkan dari sel-sel saraf tertentu yang disebut sel neurosekretori. Hormon yang dihasilkan disebut neurohormon. Fungsi hormon secara umum adalah untuk mengatur homeostatis (pengaturan otomatis di dalam tubuh agar kelangsungan hidup dapat dipertahankan), metabolisme, reproduksi, dan tingkah laku.Hormon dapat bekerja karena adanya perintah dari sistem saraf.

Jenis-jenis kelenjar dan hormon yang dihasilkannya dapat di download pada link di bawah ini :

Mari diskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.