Susunan Sistem Saraf

0
392
SUSUNAN SISTEM SARAF

Sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat meliputi otak dan sumsum tulang belakang. Seluruh aktivitas tubuh kita dikendalikan oleh sistem saraf pusat tersebut. Otak berfungsi sebagai pusat koordinasi dalam tubuh. Otak dilindungi oleh tengkorak sedangkan sumsum tulang belakang dilindungi oleh ruas-ruas tulang belakang. Kedua organ sistem saraf juga dilindungi oleh selaput otak yang disebut meninges. OTAK Terdiri dari 2 belahan, yaitu belahan kiri dan belahan kanan. Masing – masing belahan, terdiri atas 2 substansi pokok, yaitu substansi kelabu dan substansi putih.

Sistem saraf tepi (sistem saraf perifer) pada dasarnya adalah lanjutan dari neuron yang bertugas membawa impuls saraf menuju ke dan dari sistem saraf pusat. Dilihat dari arah impuls yang membawanya, sistem saraf tepi dibedakan menjadi dua, yaitu sistem saraf aferen, yang membawa impuls saraf dari reseptor menuju ke sistem saraf pusat, dan sistem saraf eferen, yaitu membawa impuls saraf dari sistem saraf pusat ke efektor. Berdasarkan tempatnya, sistem saraf tepi dibedakan menjadi:
A. Saraf sadar (somatis)
B. Saraf tak sadar (otonom)

Artikel sebelumnya Merindu pulang
Artikel BerikutnyaSISTEM ENDOKRIN (SISTEM HORMON)
Seorang Istri yang kebetulan juga seorang staf pengajar di salah satu Sekolah Menengah Atas di Tangerang. Lahir dan besar di Panggal-panggal, Baturaja, OKU. Menyelesaikan pendidikan di Universitas Lampung FKIP Pendidikan biologi. Sangat bersyukur dengan karunia tiga orang anak.

Mari diskusi

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.